Kitchen section adalah salah satu bagian yang memberikan pelayanan kepada
tamu dengan cara membuat atau memproduct semua makanan ke restaurant maupun ke kamar tamu yang telah menyumbangkan pendapatan bagi hotel dengan
cara menjual semua product yang berbentuk makanan. Kitchen beroprasional selama 24jam yang terdiri dalam 3 shift
yaitu:
·
Morning
shift ( 07.00-15.00 )
·
Evening
shift ( 15.00-23.00 )
·
Night
shift (23.00-07.00 )
Sistem pelayanan
yang diberikan yaitu dengan cara menunggu tamu memesan makanan baik
melalui telepon maupun dengan waiters, kemudian makanan yang telah di pesan akan segera di buat
oleh staff kitchen (cook).
Setelah di lakukan
persiapan, peralatan di sesuaikan dengan makanan dan minuman yang telah di
pesan oleh tamu. Setelah semua peralatan sudah di persiapkan oleh waiter yang
bertugas mengantarkan makanan, mengambil pesanan yang telah di pesan di dapur,
dan mengambil minuman yang telah di pesan di bar. Kemudian di lakukan
pengecekkan ulang pada makanan dan minuman yang telah dipesan, sebelum
diantarkan kepada tamu. Makanan yang telah di check kemudian di kirim ke kamar tamu
dengan membawa bill yang sudah di persiapkan sesuai dangan pesanan, dan sebagai
bukti total yang harus di bayar.
Kitchen menyajikan
beraneka makanan baik hidangan nasional maupun internasional. Dan tamu dapat memilih
hidangan yang di inginkan melalui daftar makanan atau yang di sebut menu yang
terdiri dari semua outlet di Food and Baverage yang telah di set di dalam kamar
tamu
dan restaurant. Semua pesanan
tamu tersebut di terima oleh seorang staff Room Service yang bertugas sebagai Order
takker (OT) seorang order takker harus memiliki:
·
Pengetahuan menu atau tentang makanan dan minuman
·
Memiliki tata bahasa yang baik
·
Menguasai bahasa asing, terutama bahasa inggris
·
Memiliki telepon courstesy
·
Mengetahui seluk beluk hotel
Clear
up adalah mengangkat atau membersihkan
peralatan kotor yang telah digunakan tamu setelah makan, clear up di lakukan
sengan cara mengumpulkan peralatan kotor tersebut dari kamar tamu yang memesan
atau dengan cara di tanyakan pada tamu terlebih dahulu setelah 45 menit tamu
memesan makanan. Dapat juga di lakukan dengan cara menunggu sampai tray yang
berisi peralatan kotor di letakkan di depan kamar tamu tersebut.