Selasa, 30 April 2013

CARA MENANGANI PESANAN DALAM OUTLET ROOM SERVICE


        setiap hotel umumnya mempunyai outlet yang menangani pesanan makanan maupun minuman di dalam kamar atau yang akrab di sebut "room service" , cara melayani tamu di outlet room  service berbeda dengan cara melayani tamu di restaurant maupun di lounge, berikut merupakan cara-cara melayani tamu yang memesan makanan/minuman di dalam kamar sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) di hotel bintang 5 ; 

·        Tamu memesan makanan melalui telepon dari kamarnya, lalu telepon di angkat oleh seorang Order Takker atau Captain Waiter

·        Lalu Order Takker menerima pesanan dari tamu melalui telepon dan pesanan tersebut di catat di Captai Order Sheet untuk di berikan ke beberapa departement atau outlet lain, seperti :
·        lembar putih/original di berikan ke Chasier
·        lembar biru di berikan ke bar
·        lembar kuning di berikan ke kitchen
·        lembar pink di berikan ke tamu/ di selipkan di bawah tray untuk clear up dan akan di konfirmasi oleh Order Takker agar tidakada kesalahan pesanan, lalu Order takker memberikan Bill ke Waiter untuk diberikan kepada tamu tersebut.

·        Setelah memberikan lembaran tersebut ke masing-masing departement atau outlet lalu seorang waiter mempersiapkan peralatan operasional kerja seperti cutleries, cover food, kerupuk, sambal, atau condiment lainnya, dan menunggu makanan yang di pesan selesai di kerjakan oleh cook

·        Setelah makanan yang di pesan telah selesai maka seorang Waiter meletakkan makanan tersebut di letakkan di atas tray, yang kemudian di bawa dengan menggunakan tolle. Makanan tersebut ada yang di letakkan di Warmer Box yang ada di bawah trolley dengan tujuan agar makanan tetap dalam keadaan hangat ketika sampai di tangan tamu.

·        Setelah itu seorang waiter mengantarkan makanan tersebut kekamar tamu

·        Setelah sampai di kamar tamu, waiter yang bertugas mengantarkan makanan kekamar tamu yang telah lengkap dengan Bill tanda pembayaran. Menekan bell dan menyebutkan kata “Room Service”. setelah itu ucapkan salam sesuai dengan keadaan pada saat itu (pagi, siang, sore, malam)

·        Setelah memasukkan makanan ke kamar tamu, langkah selanjutnya konfirmasikan makanan yang di pesan kepada tamu lalu berikan kepada tamu. Sebelum Bill di berikan check Bill terlebih dahulu, jika tamu yang memesan makanan memiliki Deposite atau simpanan pada saat membayar di FO chasier maka Bill tersebut bisa di tanda tangani tanpa membayar cash. Tetapi jika sebaliknya tamu tersebut tidak memiliki deposite maka tamu tersebut harus membayar dengan cara langsung atau cash, untuk mengetahui itu biasanya Order Takker menulis code di lembaran bill. Untuk pembayaran dengan memotong Deposite tamu, di sisipkan tanda “oke”(berarti tamu hanya perlu tanda tangan atau “sign”), namun jika di sisipkan dengan tanda “CB” (cash basis) tandanya tamu harus membayar secara langsung atau tunai.

·        Setelah pembayaran selesai, witer yang bertugas dapat keluar dari kamar tamu dan kembali ke Room Service, serta menyerahkan Bill tersebut ke Order Takker guna untuk di bukukuan ke dalam Log Book.

THANKS FOR READING :)




1 komentar: