setiap hotel umumnya mempunyai outlet yang menangani pesanan makanan maupun minuman di dalam kamar atau yang akrab di sebut "room service" , cara melayani tamu di outlet room service berbeda dengan cara melayani tamu di restaurant maupun di lounge, berikut merupakan cara-cara melayani tamu yang memesan makanan/minuman di dalam kamar sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) di hotel bintang 5 ;
·
Tamu
memesan makanan melalui telepon dari kamarnya, lalu telepon di angkat oleh
seorang Order Takker atau Captain Waiter
·
Lalu
Order Takker menerima pesanan dari tamu melalui telepon dan pesanan tersebut di
catat di Captai Order Sheet untuk di berikan ke beberapa departement atau
outlet lain, seperti :
·
lembar
putih/original di berikan ke Chasier
·
lembar
biru di berikan ke bar
·
lembar
kuning di berikan ke kitchen
·
lembar
pink di berikan ke tamu/ di selipkan di bawah tray untuk clear up dan akan di
konfirmasi oleh Order Takker agar tidakada kesalahan pesanan, lalu Order takker
memberikan Bill ke Waiter untuk diberikan kepada tamu tersebut.
·
Setelah
memberikan lembaran tersebut ke masing-masing departement atau outlet lalu
seorang waiter mempersiapkan peralatan operasional kerja seperti cutleries,
cover food, kerupuk, sambal, atau condiment lainnya, dan menunggu makanan yang
di pesan selesai di kerjakan oleh cook
·
Setelah
makanan yang di pesan telah selesai maka seorang Waiter meletakkan makanan
tersebut di letakkan di atas tray, yang kemudian di bawa dengan menggunakan
tolle. Makanan tersebut ada yang di letakkan di Warmer Box yang ada di bawah trolley dengan tujuan agar makanan
tetap dalam keadaan hangat ketika sampai di tangan tamu.
·
Setelah
itu seorang waiter mengantarkan makanan tersebut kekamar tamu
·
Setelah
sampai di kamar tamu, waiter yang bertugas mengantarkan makanan kekamar tamu
yang telah lengkap dengan Bill tanda pembayaran. Menekan bell dan menyebutkan
kata “Room Service”. setelah itu
ucapkan salam sesuai dengan keadaan pada saat itu (pagi, siang, sore, malam)
·
Setelah
memasukkan makanan ke kamar tamu, langkah selanjutnya konfirmasikan makanan
yang di pesan kepada tamu lalu berikan kepada tamu. Sebelum Bill di berikan
check Bill terlebih dahulu, jika tamu yang memesan makanan memiliki Deposite atau simpanan pada saat
membayar di FO chasier maka Bill tersebut bisa di tanda tangani tanpa membayar
cash. Tetapi jika sebaliknya tamu tersebut tidak memiliki deposite maka tamu
tersebut harus membayar dengan cara langsung atau cash, untuk mengetahui itu
biasanya Order Takker menulis code di lembaran bill. Untuk pembayaran dengan
memotong Deposite tamu, di sisipkan tanda “oke”(berarti tamu hanya perlu tanda
tangan atau “sign”), namun jika di sisipkan dengan tanda “CB” (cash basis)
tandanya tamu harus membayar secara langsung atau tunai.
·
Setelah
pembayaran selesai, witer yang bertugas dapat keluar dari kamar tamu dan
kembali ke Room Service, serta menyerahkan Bill tersebut ke Order Takker guna
untuk di bukukuan ke dalam Log Book.
THANKS FOR READING :)
NIce info
BalasHapus