Selasa, 30 April 2013

kitchen hotel section




            Kitchen section adalah salah satu bagian yang memberikan pelayanan kepada tamu dengan cara membuat atau memproduct semua makanan ke restaurant maupun ke kamar tamu yang telah menyumbangkan pendapatan bagi hotel dengan cara menjual semua product yang berbentuk makanan. Kitchen beroprasional selama 24jam yang terdiri dalam 3 shift yaitu:

·   Morning shift ( 07.00-15.00 )
·   Evening shift ( 15.00-23.00 )
·   Night shift (23.00-07.00 )

Sistem pelayanan yang diberikan yaitu dengan cara menunggu tamu memesan makanan baik melalui telepon maupun dengan waiters, kemudian makanan yang telah di pesan akan segera di buat oleh staff kitchen (cook).
Setelah di lakukan persiapan, peralatan di sesuaikan dengan makanan dan minuman yang telah di pesan oleh tamu. Setelah semua peralatan sudah di persiapkan oleh waiter yang bertugas mengantarkan makanan, mengambil pesanan yang telah di pesan di dapur, dan mengambil minuman yang telah di pesan di bar. Kemudian di lakukan pengecekkan ulang pada makanan dan minuman yang telah dipesan, sebelum diantarkan kepada tamu. Makanan yang telah di check kemudian di kirim ke kamar tamu dengan membawa bill yang sudah di persiapkan sesuai dangan pesanan, dan sebagai bukti total yang harus di bayar.
Kitchen menyajikan beraneka makanan baik hidangan nasional maupun internasional. Dan tamu dapat memilih hidangan yang di inginkan melalui daftar makanan atau yang di sebut menu yang terdiri dari semua outlet di Food and Baverage yang telah di set di dalam kamar tamu dan restaurant. Semua pesanan tamu tersebut di terima oleh seorang staff Room Service yang bertugas sebagai Order takker (OT) seorang order takker harus memiliki:
·                     Pengetahuan menu atau tentang makanan dan minuman
·                     Memiliki tata bahasa yang baik
·                     Menguasai bahasa asing, terutama bahasa inggris
·                     Memiliki telepon courstesy
·                     Mengetahui seluk beluk hotel
Clear up adalah mengangkat atau membersihkan peralatan kotor yang telah digunakan tamu setelah makan, clear up di lakukan sengan cara mengumpulkan peralatan kotor tersebut dari kamar tamu yang memesan atau dengan cara di tanyakan pada tamu terlebih dahulu setelah 45 menit tamu memesan makanan. Dapat juga di lakukan dengan cara menunggu sampai tray yang berisi peralatan kotor di letakkan di depan kamar tamu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar